Minggu, 16 Desember 2012

Contoh Proposal



PROPOSAL
RUMAH PELAJAR
“PELAJAR INDONESIA BERKARAKTER, RELIGIUS DAN BERKUALITAS”

A.     LATAR BELAKANG
Berdasarkan analisa Badan Pusat Statistik (BPS), Bappenas dan UNFPA tahun 2010, saat ni jumlah penduduk Indonesia berjumlah sebanyak 233 juta jiwa dengan 26,8% atau 63 juta jiwa adalah remaja yang rentan berprilaku tidak baik.

Pada usia remaja, seseorang mengalami perubahan yang amat pesat, baik dari fisik, emosi maupun sosial. Mereka mulai besentuhan dengan komunitas lain di luar rumah, bahkan kandang komunitas tersebut berfungsi sebagai rumah kedua. Dalam perkembanganya remaja tidak hanya belajar banyak hal dari orang tua mereka, teteapi juga dari lingkungan sosial. Pada saat-saat seperti inilah remaja mulai mengubah tingkah laku, sikap dan nilai mereka, bahkan seluruh cara hidup mereka dari masa kanak-kanak ke masa yang lebih matang dan dewasa.

Jika sang remaja tumbuh daalam lingkungan yang sehat dan bermartabat, maka ia akan mengambil nilai-nilai tersebut untuk di jadikan tolak ukur bagi tingkah lakunya. Namun sebaliknya, jika secara kebetulan mereka tumbuh dalam situasi dan kondisi yang kurang baik, maka sedikit ataupun banyak hal itu akan memberikan pengaruh bagi tingkah lakunya. Karena bagaimana pun juga, lingkungan memiliki kapasitas yang cukup besar dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang.

Pengaruh yang demikian memang harus dihadapi, mustahil mengisolasi remaja dari pengaruh buruklingkungannya agar tumbuh baik. Oleh karena itu, kondisi seperti apapun remaja tubuh bukanlah persoalan, yang terpenting adalah bagaimana membuatkan wadah untuk berkumpul dan berbicara tentang diri mereka, berekpresi dan berkreasi sesuai dengan keinginan dan potensi mereka. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, kami bermaksud dan sudah mendirikan “Rumah Pelajar”.

“Rumah Pelajar” adalah sebuah komunitas pelajar dengan segala macam aktivitasnya, yang berupaya mengoptimalkan potensi dan prestasi pelajar sehingga mereka menjadi pelajar yang berkarakter dan berkualitas. “Rumah Pelajar” di harapkan menjadi rujukan para pelajar untuk mendapatkan informasi penting bagi perkembangan belajar mereka, wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka untuk optimalisasi  potensi dan prestasi. Dengan aktifitas yang diadakan di dalamnya, Rumah Pelajar juga diharapkan dapat menjadi gaya hidup para pelajar Indonesia.

Teknologi internet pada zaman sekarang ini bukanlah hal yang baru lagi, kemudahan mengakses dan menggunakan informasi internet secara luas dan bebas dapat dilakukan bagi siapa saja. Semua orang pun mengakui nilai positif dari teknologi ini, termasuk para pelajar. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan adanya sisi negatif yang mengikutinya. Bebasnya akses inernet yang tidak terbatas tentunya akan menjadi sisi tersendiri bagi seseorang. Seperti kita lihat sekarang ini, banyaknya para pelajar melakukan kekereasandan tindakan asusila setelah melihat gambar-gambar dan video porno dari internet.hal ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi pelajar sehingga perlu adanya pembatasan akses informasi dari inernet melalui internet sehat” bagi pelajar.

B.     VISI, MISI DAN FUNGSI
Visi
Wahana aktualisasi spiritualitas, pengetahuan dan keterampilan pelajar Indonesia.
Misi
1.      Spiritualisasigaya hidup (Life Style) dan pengembangan mentalitas (Basic Mentality) pelajar Indonesia.
2.      Fasilitas aspirasi dan pengembangan potensi pelajar Indonesia.
3.      Mobilisasi motifasi berprestasi (Need for Achivement) bagi pelajar Indonesia.
Fungsi
Rumah pelajar fungsi sebagai pendidikan tambahan alternatif bagi para pelajar Indonesia, untuk membantu mereka menemukan dunia pelajar yang sesungguhnya.

C.      TUJUAN
1.      Tujuan Umum
Menuju pelajar Indonesia yang berkarakter, religius dan berkualitas.
2.      Tujuan Khusus
a.       Spiritualisasi gaya hidup (Life Style) dan pengembangan mentalitas (Basic Mentality) pelajar Indonesia.
b.      Fasilitas aspirasi dan pengembangan potensi pelajar Indonesia.
c.       Mobilitas motifasi berprestasi (Need for Achivement) bagi pelajar Indonesia.

D.     KEGIATAN DASAR RUMAH PELAJAR
Pelaksanaan kegiatan dalam Rumah Pelajar tidak hanya tanggung jawab pengelola akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama pengelola dan anggotanya. Artinya, pelajar tidak cukup menjadi peserta bagi setiap kegiatan yang alurnya telah ditentukan oleh manajemen Rumah Pelajar. Sebaliknya, pelajar menjadi bagian penting dan substansial dalam setiap kegiatan karena setiap kegiatan merupakan representasi dari semangat berkarya para pelajar dalam mengaktualisasikan dirinya.

Adapun program dasar kegiatan Rumah Pelajar adalah:
1.     Rumah Pelajar sebagai Knowledge Center
Rumah Pelajar menjadi pusat informasi tentang segala permasalahan pelajar mulai dari keilmuan, isu0isu pelajar dan pendidikan baik tingkat lokal maupun nasional.
2.     Rumah Pelajar sebagai Spiritual Center
Rumah Pelajar sebagai puast pengembangan spiritualitas pelajar. Dalam hal ini, Rumah Pelajar akan menjadi ruang konsultasi bagi pelajar yang berlandaskan nilai-nilai agama, bidaya dan bangsa. Sehingga pelajar dapat melakukan internalisasi nilai-nilai tesebutdalam kehidupan sehari-hari.
3.     Rumah Pelajar sebagai Skill Center
Rumah Pelajar sebagai skill center menekankan pada pembekalan kepada diri pelajar untuk dapat mengelola dirinya sendiri dan potensi yang dimilikinya dengan baik, sehinggaharapan untuk dapat mendorong mereka untuk menjadi pelajar-pelajar berkualitas dan berprestasi. Skill pelajar yang dikembangkan diantaranya adalah capacity building atau  character building, kecakapan hidup (life skill) serta melaksanakan pelatihan-pelatihan yang diinginkan pelajar untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang mereka miliki.

E.      FASILITAS RUMAH PELAJAR
1.      Perpustakaan Cerdas
2.      Komputer & Internet Sehat
3.      Majelis Ta’lim/ kajian Pelajar
4.      Diskusi Mingguan
5.      Public Corner
a.       Leadership Training
b.      Management Training
c.       Feminim Training
d.      Journalism (film dan buku)
e.       Kewirausahaan
f.        Kajian Qur’ani
F.      PROGRAM RUMAH PELAJAR
1.      Kajian Mingguan Pelajar (Majlis Ta’lim Pelajar)
2.      Mengadakan training setiap bulan (public speaking, jurnalistik, kewirausahaan dll.)
3.      Bedah buku dan bedah film
4.      Mengadakan ketrampilan untuk menunjang life skill pelajar
5.      Menambah koleksi buku

G.     PENYELENGGARA
Penyelenggara TBM Rumah Pelajar, yang terbentuk sebagai pengurus rumah pelajar, adapun susunan kepengurusan TBM Rumah Pelajar sebagaimana terlampir.

H.    RENCANA ANGGARAN BELANJA
Adapun anggaran belanja bantuan kegiatan TBM Rumah Pelajar  sebagaimana terlampir.
I.       RENCANA KEGIATAN SATU TAHUN KEDEPAN
Adapun  rencana kegiatan untuk satu tahun kedepan TBM Rumah Pelajar sebagaimana terlampir.

J.        PENUTUP
Demikian kami sampaikan proposal ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pelajar indonesia. Dengan senantiasa belajar, berjuang dan berdo’a, semoga kegoiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.


Ciputat, 17 Oktober 2012
TBM Rumah Pelajar



FARIDA FARICHAH, M.Si
 Ketua                        








Lampiran 1

SURAT KEPUTUSAN
SUSUNAN KEPENGURUSAN RUMAH PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and Skill for Students)


Dewan Pembina        : Margaret Aliyatul Maimunah, SS
                                    : Kiki Qibtiyah, S. Pd.i
                                    : Nurlaila Hazami
Dewan Pengawas      : Luluk Tsuroya
                                    : Nihlah Farida, S.Pd.i
Dewan Pengurus       :
            Ketua                          : Farida Farichah, M.Si
            Sekretaris                    : Maulida Zahroh, S.Pd.i
            Bendahara                   : Lathifatus Sun’iyyah, SS
            General Manager         :Yusnita Yamus
                        Manager of Knowledge Center          : Muqorronatul Laily
                                                                                    : Fadhilati Haqiqiyah
                        Manager of Spiritual Center               : Zaimah Imamatul Baroroh
                        Manager of Skill Center                      : Nurul Hidayatul Ummah
                                                                                    : Ni’matul Fatimah





Lampiran 2
RENCANA ANGGARAN BELANJA
RUMAH PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and Skill for Students)


NO
URAIAN
UNIT
JUMLAH
1
Buku sekolah SMP-SMA
1 paket
2000.000
2
Buku pengetahuan umum
10 buah x 50.000
500.000
3
Kamus
10 buah x 50.000
500.000
4
Serial remaja
10 buah x 50.000
500.000
5
Buku Keagamaan
10 buah x 50.000
500.000
6
Management
10 buah x 50.000
500.000
7
Buku Perempuan
10 buah x 50.000
500.000
8
Esai/ artikel
10 buah x 50.000
500.000
9
Buku komputer
10 buah x 50.000
500.000
10
Psikologi
10 buah x 50.000
500.000
11
Novel
10 buah x 50.000
500.000
12
Biografi
10 buah x 50.000
500.000
13
White Board
2 buah x 80.000
160.000
14
ATK
1 paket
500.000
15

JUMLAH
Rp 8.160.000


















Lampiran 3

RENCANA KEGIATAN SATU TAHUN KE DEPAN
 RUMAH PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and Skill for Students)

NO
KEGIATAN
BULAN
NOV
DES
JAN
FEB
MAR
APR
JUN
JUL
AGT
SEP
OKT
NOV
1
Kajian Rutin
X
X
X
X
X
X
X
X



L
I
B
U
R

L
E
B
A
R
A
N

X
X
X
2
Ketrampilan

X

X

X

X
X

X
3
Public Training
X
X
X
X
X
X
X

X
X
X
4
Bedah buku


X


X


X

X
5
Bedah film



X



X


X
6
Bimbingan belajar
X
X
X
X
X
X


X
X
X
7
Tes TOFL TOAFL



X




X


8
Try Out



X







9
Penyuluhan ke sekolahan
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
10
Pelajar Go Green (tanam pohon)



X







11
Festival Pelajar









X

12
Seminar anti narkoba dan kekerasan





X





13
Fun Bike Pelajar


X








14
Les bahasa
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

0 komentar:

Poskan Komentar