PROPOSAL
RUMAH
PELAJAR
“PELAJAR
INDONESIA BERKARAKTER, RELIGIUS DAN BERKUALITAS”
A.
LATAR
BELAKANG
Berdasarkan
analisa Badan Pusat Statistik (BPS), Bappenas dan UNFPA tahun 2010, saat ni jumlah
penduduk Indonesia berjumlah sebanyak 233 juta jiwa dengan 26,8% atau 63 juta
jiwa adalah remaja yang rentan berprilaku tidak baik.
Pada usia
remaja, seseorang mengalami perubahan yang amat pesat, baik dari fisik, emosi
maupun sosial. Mereka mulai besentuhan dengan komunitas lain di luar rumah,
bahkan kandang komunitas tersebut berfungsi sebagai rumah kedua. Dalam
perkembanganya remaja tidak hanya belajar banyak hal dari orang tua mereka,
teteapi juga dari lingkungan sosial. Pada saat-saat seperti inilah remaja mulai
mengubah tingkah laku, sikap dan nilai mereka, bahkan seluruh cara hidup mereka
dari masa kanak-kanak ke masa yang lebih matang dan dewasa.
Jika sang
remaja tumbuh daalam lingkungan yang sehat dan bermartabat, maka ia akan
mengambil nilai-nilai tersebut untuk di jadikan tolak ukur bagi tingkah
lakunya. Namun sebaliknya, jika secara kebetulan mereka tumbuh dalam situasi
dan kondisi yang kurang baik, maka sedikit ataupun banyak hal itu akan
memberikan pengaruh bagi tingkah lakunya. Karena bagaimana pun juga, lingkungan
memiliki kapasitas yang cukup besar dalam membentuk karakter dan kepribadian
seseorang.
Pengaruh
yang demikian memang harus dihadapi, mustahil mengisolasi remaja dari pengaruh
buruklingkungannya agar tumbuh baik. Oleh karena itu, kondisi seperti apapun
remaja tubuh bukanlah persoalan, yang terpenting adalah bagaimana membuatkan
wadah untuk berkumpul dan berbicara tentang diri mereka, berekpresi dan
berkreasi sesuai dengan keinginan dan potensi mereka. Dalam rangka mewujudkan hal
tersebut, kami bermaksud dan sudah mendirikan “Rumah Pelajar”.
“Rumah Pelajar” adalah sebuah komunitas pelajar dengan segala
macam aktivitasnya, yang berupaya mengoptimalkan potensi dan prestasi pelajar
sehingga mereka menjadi pelajar yang berkarakter dan berkualitas. “Rumah Pelajar” di harapkan menjadi
rujukan para pelajar untuk mendapatkan informasi penting bagi perkembangan
belajar mereka, wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka untuk
optimalisasi potensi dan prestasi.
Dengan aktifitas yang diadakan di dalamnya, Rumah Pelajar juga diharapkan dapat
menjadi gaya hidup para pelajar Indonesia.
Teknologi
internet pada zaman sekarang ini bukanlah hal yang baru lagi, kemudahan
mengakses dan menggunakan informasi internet secara luas dan bebas dapat
dilakukan bagi siapa saja. Semua orang pun mengakui nilai positif dari
teknologi ini, termasuk para pelajar. Meskipun begitu, tidak menutup
kemungkinan adanya sisi negatif yang mengikutinya. Bebasnya akses inernet yang
tidak terbatas tentunya akan menjadi sisi tersendiri bagi seseorang. Seperti
kita lihat sekarang ini, banyaknya para pelajar melakukan kekereasandan
tindakan asusila setelah melihat gambar-gambar dan video porno dari
internet.hal ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi pelajar sehingga
perlu adanya pembatasan akses informasi dari inernet melalui “internet
sehat” bagi pelajar.
B.
VISI, MISI
DAN FUNGSI
Visi
Wahana
aktualisasi spiritualitas, pengetahuan dan keterampilan pelajar Indonesia.
Misi
1. Spiritualisasigaya
hidup (Life Style) dan pengembangan
mentalitas (Basic Mentality) pelajar
Indonesia.
2. Fasilitas
aspirasi dan pengembangan potensi pelajar Indonesia.
3. Mobilisasi
motifasi berprestasi (Need for Achivement)
bagi pelajar Indonesia.
Fungsi
Rumah pelajar fungsi sebagai pendidikan
tambahan alternatif bagi para pelajar Indonesia, untuk membantu mereka
menemukan dunia pelajar yang sesungguhnya.
C. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Menuju pelajar Indonesia yang berkarakter, religius dan
berkualitas.
2. Tujuan
Khusus
a. Spiritualisasi
gaya hidup (Life Style) dan
pengembangan mentalitas (Basic Mentality)
pelajar Indonesia.
b. Fasilitas
aspirasi dan pengembangan potensi pelajar Indonesia.
c. Mobilitas
motifasi berprestasi (Need for Achivement)
bagi pelajar Indonesia.
D.
KEGIATAN DASAR
RUMAH PELAJAR
Pelaksanaan
kegiatan dalam Rumah Pelajar tidak hanya tanggung jawab pengelola akan tetapi
menjadi tanggung jawab bersama pengelola dan anggotanya. Artinya, pelajar tidak
cukup menjadi peserta bagi setiap kegiatan yang alurnya telah ditentukan oleh
manajemen Rumah Pelajar. Sebaliknya, pelajar menjadi bagian penting dan
substansial dalam setiap kegiatan karena setiap kegiatan merupakan representasi
dari semangat berkarya para pelajar dalam mengaktualisasikan dirinya.
Adapun
program dasar kegiatan Rumah Pelajar adalah:
1.
Rumah
Pelajar sebagai Knowledge Center
Rumah Pelajar menjadi pusat informasi tentang segala permasalahan
pelajar mulai dari keilmuan, isu0isu pelajar dan pendidikan baik tingkat lokal
maupun nasional.
2.
Rumah
Pelajar sebagai Spiritual Center
Rumah Pelajar sebagai puast pengembangan spiritualitas pelajar.
Dalam hal ini, Rumah Pelajar akan menjadi ruang konsultasi bagi pelajar yang
berlandaskan nilai-nilai agama, bidaya dan bangsa. Sehingga pelajar dapat
melakukan internalisasi nilai-nilai tesebutdalam kehidupan sehari-hari.
3.
Rumah
Pelajar sebagai Skill Center
Rumah Pelajar sebagai skill center menekankan pada pembekalan
kepada diri pelajar untuk dapat mengelola dirinya sendiri dan potensi yang
dimilikinya dengan baik, sehinggaharapan untuk dapat mendorong mereka untuk
menjadi pelajar-pelajar berkualitas dan berprestasi. Skill pelajar yang
dikembangkan diantaranya adalah capacity
building atau character building, kecakapan hidup (life skill) serta melaksanakan
pelatihan-pelatihan yang diinginkan pelajar untuk mengembangkan kemampuan dan
potensi yang mereka miliki.
E.
FASILITAS
RUMAH PELAJAR
1. Perpustakaan
Cerdas
2. Komputer
& Internet Sehat
3. Majelis
Ta’lim/ kajian Pelajar
4. Diskusi
Mingguan
5. Public
Corner
a. Leadership
Training
b. Management
Training
c. Feminim
Training
d. Journalism
(film dan buku)
e. Kewirausahaan
f.
Kajian Qur’ani
F.
PROGRAM
RUMAH PELAJAR
1. Kajian
Mingguan Pelajar (Majlis Ta’lim Pelajar)
2. Mengadakan
training setiap bulan (public speaking, jurnalistik, kewirausahaan dll.)
3. Bedah buku
dan bedah film
4. Mengadakan ketrampilan
untuk menunjang life skill pelajar
5. Menambah
koleksi buku
G.
PENYELENGGARA
Penyelenggara TBM Rumah Pelajar, yang terbentuk sebagai pengurus
rumah pelajar, adapun susunan kepengurusan TBM Rumah Pelajar sebagaimana
terlampir.
H.
RENCANA
ANGGARAN BELANJA
Adapun anggaran belanja bantuan kegiatan TBM Rumah Pelajar sebagaimana terlampir.
I.
RENCANA
KEGIATAN SATU TAHUN KEDEPAN
Adapun rencana kegiatan
untuk satu tahun kedepan TBM Rumah Pelajar sebagaimana terlampir.
J.
PENUTUP
Demikian kami sampaikan proposal ini, semoga kegiatan ini dapat
bermanfaat bagi masyarakat dan pelajar indonesia. Dengan senantiasa belajar,
berjuang dan berdo’a, semoga kegoiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.
Ciputat, 17
Oktober 2012
TBM Rumah
Pelajar
FARIDA FARICHAH, M.Si
Ketua
Lampiran 1
SURAT
KEPUTUSAN
SUSUNAN
KEPENGURUSAN RUMAH PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and Skill for
Students)
Dewan
Pembina :
Margaret Aliyatul Maimunah, SS
:
Kiki Qibtiyah, S. Pd.i
:
Nurlaila Hazami
Dewan
Pengawas : Luluk
Tsuroya
:
Nihlah Farida, S.Pd.i
Dewan
Pengurus :
Ketua : Farida Farichah,
M.Si
Sekretaris : Maulida Zahroh, S.Pd.i
Bendahara : Lathifatus Sun’iyyah, SS
General
Manager :Yusnita Yamus
Manager
of Knowledge Center :
Muqorronatul Laily
: Fadhilati Haqiqiyah
Manager
of Spiritual Center : Zaimah Imamatul Baroroh
Manager
of Skill Center :
Nurul Hidayatul Ummah
: Ni’matul Fatimah
Lampiran 2
RENCANA
ANGGARAN BELANJA
RUMAH
PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and
Skill for Students)
NO
|
URAIAN
|
UNIT
|
JUMLAH
|
1
|
Buku sekolah SMP-SMA
|
1 paket
|
2000.000
|
2
|
Buku pengetahuan umum
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
3
|
Kamus
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
4
|
Serial remaja
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
5
|
Buku Keagamaan
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
6
|
Management
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
7
|
Buku Perempuan
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
8
|
Esai/ artikel
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
9
|
Buku komputer
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
10
|
Psikologi
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
11
|
Novel
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
12
|
Biografi
|
10 buah x 50.000
|
500.000
|
13
|
White Board
|
2 buah x 80.000
|
160.000
|
14
|
ATK
|
1 paket
|
500.000
|
15
|
JUMLAH
|
Rp 8.160.000
|
Lampiran 3
RENCANA
KEGIATAN SATU TAHUN KE DEPAN
RUMAH PELAJAR
(The Spiritual House, Knowledge and
Skill for Students)
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||||||||||
NOV
|
DES
|
JAN
|
FEB
|
MAR
|
APR
|
JUN
|
JUL
|
AGT
|
SEP
|
OKT
|
NOV
|
||
1
|
Kajian Rutin
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
L
I
B
U
R
L
E
B
A
R
A
N
|
X
|
X
|
X
|
2
|
Ketrampilan
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
X
|
|
X
|
|
3
|
Public Training
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
X
|
X
|
X
|
|
4
|
Bedah buku
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
X
|
|
5
|
Bedah film
|
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
6
|
Bimbingan belajar
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
7
|
Tes TOFL TOAFL
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
8
|
Try Out
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Penyuluhan ke sekolahan
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
10
|
Pelajar Go Green (tanam pohon)
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Festival Pelajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
12
|
Seminar anti narkoba dan kekerasan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Fun Bike Pelajar
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Les bahasa
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0 komentar:
Posting Komentar